Duduk Dekat Jendela saat Naik Pesawat Lebih Sehat Lho

Home / Gaya Hidup / Duduk Dekat Jendela saat Naik Pesawat Lebih Sehat Lho
Duduk Dekat Jendela saat Naik Pesawat Lebih Sehat Lho Duduk dekat jendela saat naik pesawat (FOTO: youtube.com/user/gatinhaw4)

TIMESRIAU, JAKARTA – Saat naik pesawat, tempat duduk mana yang menjadi favorit Anda? Duduk dekat jendela atau dekat lorong? Jika pilihan Anda duduk dekat jendela, maka pilihan Anda sangat tepat. Pasalnya, tempat duduk pilihan Anda ini dapat membuat Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya dilansir dari Hello Sehat.

Selama naik pesawat, Anda terhubung dengan banyak orang di dalam satu ruangan yang cukup luas. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit di dalam ruangan pesawat. Anda mungkin menjadi cemas dan takut tertular flu, batuk, atau penyakit lainnya dari penumpang yang duduk di dekat Anda.

Melihat-Sunset.jpgFoto: IDN Times

Anda sebaiknya tak perlu cemas dulu. Sebab, kemungkinan penularan penyakit tersebut ternyata bisa dihindari dengan memilih posisi tempat duduk yang tepat selama penerbangan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Proceedings of the National Academy of Science menemukan bahwa penumpang yang duduk di lorong lebih mungkin untuk tertular penyakit daripada orang yang duduk di dekat jendela pesawat.

Sebanyak 80 persen penumpang yang duduk di dekat lorong cenderung lebih sering bergerak, misalnya ke toilet atau sekadar memeriksa barangnya di kabin pesawat. Selain itu, dengan duduk di dekat lorong maka Anda juga lebih sering berinteraksi dengan orang lain.

Nelihat-pemandangan-saat-naik-pesawat.jpgFoto: IDN Times

Di sisi lain, hanya sekitar 43 persen penumpang yang duduk dekat jendela yang bangun dari tempat duduknya selama penerbangan.

Di akhir penelitian, para ahli menyimpulkan bahwa orang yang duduk di area lorong saat naik pesawat justru berisiko terserang penyakit ketimbang orang yang duduk di dekat jendela. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com