PPL Berbasis Lesson Study Ala Universitas Islam Malang

Home / Pendidikan / PPL Berbasis Lesson Study Ala Universitas Islam Malang
PPL Berbasis Lesson Study Ala Universitas Islam Malang Kegiatan guru menjelaskan materi ke salah satu kelompok. (Foto: AJP TIMES Indonesia)

TIMESRIAU, MALANG – Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa khususnya jurusan pendidikan. Dalam kegiatan PPL ini tidak pernah lepas dari yang namanya kesulitan-kesulitan, baik ketika menyiapkan perangkat, ketika proses pembelajaran, maupun kegiatan setelah pembelajaran. 

Kesulitan seperti inilah yang banyak dialami para mahasiswa PPL terutama PPL FKIP jurusan Matematika Universitas Islam Malang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Universitas Islam Malang menerapkan model Lesson Study di dalam kegiatan mahasiswa PPL. Dengan diterapkannya model ini, diharapkan mahasiswa PPL Universitas Islam Malang akan lebih siap menjadi seorang guru yang memiliki kompetensi, baik kompetensi pedagogik,  kepribadian,  sosial, maupun profesional. 

PPL FKIP jurusan Matematika Universitas Islam Malang melaksanakan Lesson Study di MTs. Al-Ma'arif 01 Singosari, Rabu (30/8/2017) lalu. Lesson Study dimulai pada jam 07.00 - 08.35 dan dilaksanakan di kelas 8E dengan materi Relasi dan Fungsi.  

Lesson-Study-unismapKG.jpgPara observer sedang bertugas mengamati dan menilai Lesson Study

Dalam pelaksanaan Lesson Study dibentuk tim kolaboratif dimana yang menajdi guru model adalah Wildan Nurul Islam, observer teman sesama yaitu Ismatun Nisak, Shofwatur Rahmah A., dan Ahmadillah, observer dari pihak guru pamong terdapat Afif Hidayatullah, S.Pd ; Dwi Retno Palupi, M.Pd ; dan Dra. Sulistiawati; tak lupa juga turut serta H.Basuki, S.Pd.I selaku bapak kepala sekolah. Kemudian observer dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Isbadar Nursit, S.Pd, M.Pd. 

Lesson Study ini memiliki 3 tahapan. Tahap pertama adalah melakukan perencanaan dimana pada tahap ini para tim dari jurusan matematika berkolaborasi untuk menyusun Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) yang mencerminkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, kemudian tahap kedua adalah tahap Pelaksanaan, dan yang terakhir tahap Refleksi. 

"Semoga dari revisi-revisi tentang Lesson Study yang sudah berlangsung tadi bisa menambah pengetahuan kita dan jadi pembelajaran buat kita untuk ke depannya menjadi seorang guru yang berkualitas," kata Afif. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com