Indikator
  • Undercontruction

Tak Hanya Enak, Ini Manfaat Paprika untuk Kesehatan

Home / Kesehatan / Tak Hanya Enak, Ini Manfaat Paprika untuk Kesehatan
Tak Hanya Enak, Ini Manfaat Paprika untuk Kesehatan Paprika. (FOTO: PxHere)

TIMESRIAU, JAKARTAPaprika merupakan salah satu bahan masakan yang cukup populer. Buah yang sepintas mirip tomat ini biasanya ditambahkan dalam hidangan salad, tumis, hingga olahan seafood. Di balik rasanya yang manis, konsumsi paprika memiliki beragam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat paprika untuk kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Paprika merupakan salah satu rahasia untuk menurunkan berat badan secara kilat dan sehat. Hal ini dikarenakan paprika hanya mengandung 37 kalori sehingga mengonsumsinya sebagai bahan makanan atau snack tidak akan menambah berat badan.

2. Mengurangi Risiko Kanker dan Penyakit Jantung
Sama seperti makanan sehat lainnya, paprika juga dapat mengurangi risiko timbulnya kanker dan jantung bila dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan paprika dipadati antioksidan karotenoid yang bisa meminimalisir kerusakan akibat oksidasi sel.

3. Baik untuk Kesehatan Mata
Kandungan lutein dan zeaxanthin sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata, dan paprika hijau mengandung lebih dari ½ mg antioksidan tersebut.

Para ahli dari Harvard menemukan, hanya dengan mengonsumsi 6 mg suplemen lutein setiap hari sudah bisa meminimalkan resiko penyakit ini hingga 43%. Lutein bahkan dapat meningkatkan daya penglihatan penderita katarak.

4. Mendongkrak Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin A tak hanya penting untuk mata, namun juga melawan ragam penyakit berbahaya lainnya seperti kanker atau demam. Tak hanya itu, vitamin C dalam paprika juga bisa menguatkan sistem imun sehingga berbagai gangguan medis mulai dari yang ringan seperti demam hingga parah layaknya kanker, bisa menjauh.

Itulah empat manfaat paprika yang perlu Anda ketahui. Meski memiliki manfaat untuk kesehatan, jangan mengonsumsi paprika secara berlebihan. Konsumsi paprika dalam keadaan bersih agar tidak berisiko terkena penyakit. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com